Friday, October 28, 2011

Tips Makanan Sehat Untuk Membuat Semangat

Makanan merupakan kebutuhan pokok yang wajib terpenuhi bagi setiap orang. Jenis makanan yang kita makan, akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kita. Banyak Tips Makanan Sehat Untuk Membuat Semangat. Karena begitu pentingnya makanan untuk sumber energi kita. Makan sayur dan Buah juga banyak bermanfaat untuk tubuh kita. Seperti Manfaat Buah Apel, Manfaat jus jeruk dan lain sebagainya. Mengkonsumsi makanan yang asal-asalan akan membuat stamina kita berkurang dan bisa menimbulkan sakit. Karena itu berikut akan saya berikan Tips Makanan Sehat Untuk Membuat Semangat.

Makanan tidak hanya dapat mengenyangkan perut dan memuaskan rasa lapar, tetapi juga bisa mempengaruhi suasana hati. Orang yang selalu makan makanan sehat cenderung memiliki suasana hati yang baik.

Makanan dapat mempengaruhi mood atau suasana hati seseorang, tergantung bagaimana Anda menggunakannya. Ada makanan tertentu yang akan menambah positif pikiran, sementara ada pula yang menyebabkan efek sebaliknya.

Makanan yang berasal dari gula dan pati biasanya akan dapat meningkatkan suasana hati karena mampu melepaskan serotonin yang berasal dari triptofan (asam amino). Hormon ini dapat mengurangi depresi.

Sedangkan makanan yang mengandung protein seperti daging, unggas, produk susu dan kacang-kacangan dapat membuat otak melepaskan nor epinephrine dan dopamin, yang berasal dari asam amino tirosin dan dapat meningkatkan konsentrasi mental dan kewaspadaan.

Berikut beberapa makanan yang dapat meningkatkan Semangat ;

1. Karbohidrat sehat
Karbohidrat tidak selalu buruk. Orang yang melakukan diet ketat dengan menghindari karbohidrat malah banyak yang tampak kusam, tertekan dan rewel. Alasannya karena mereka kekurangan triptofan.

Triptofan adalah asam amino non-esensial yang dilepaskan setelah asupan karbohidrat. Ini masuk ke dalam otak dan melepaskan serotonin, yang menenangkan dan anti-depresan neurotransmiter. Pilihlah karbohidrat yang sehat seperti biji-bijian, gandum, pasta, beras merah.

2. Asam lemak omega 3
Beberapa penelitian terbaru menunjukkan bahwa asam lemak omega 3 tak jenuh ganda yang ditemukan pada ikan, biji rami dan kenari dapat membantu dalam melindungi terhadap depresi.

3. Mulailah hari dengan sarapan sehat
Banyak penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sarapan seimbang yang sehat memiliki Semangat dan memori yang lebih baik, serta lebih banyak energi sepanjang hari.

4. Makanan kaya selenium
Selenium juga bertindak sebagai peningkat suasana hati. Sebuah studi di Texas Tech University menyarankan bahwa suplemen selenium membantu dalam mengobati depresi. Dalam studi yang sama, kekurangan asupan seleniu dikaitkan dengan suasana hati yang buruk. Makanan yang kaya selenium seperti kacang dan biji-bijian, daging tanpa lemak, makanan laut dan produk susu rendah lemak.

5. Kurangi kafein
Kafein dapat membuat Anda terjaga dan waspada di malam hari, tapi pasti mengubah suasana hati pada hari berikutnya. Orang yang sensitif terhadap kafein bahkan bisa menjadi depresi. Anda perlu mengurangi kafein jika Anda menemukan itu menyebabkan depresi.

Baca Juga :

Tips Makanan Sehat Untuk Membuat Semangat
4/ 5
Oleh