Monday, June 27, 2011

Bahaya Tindik pada Lidah

tindik lidah, tindik, bahaya tindik, bahaya tindik lidahTindik sangat beresiko bagi kesehatan kita, terutama tindik pada lidah maupun wajah. Tindik ini dapat mengakibatkan infeksi dan berkumpulnya kuman penyakit pada daerah yang kita tindik atau terutama pada mulut atau lidah.

Tindik menindik, kini bukan lagi cara untuk membedakan ras atau suku bangsa. pria dan wanita, tapi sudah menjadi upaya menambah 'keren' penampilan dan mempertegas jati diri mereka. Sayang, nampaknya kepedulian mereka terhadap estetis, kurang dibarengi dengan kesadaran akan dampaknya secara medis pada kesehatan.

Padahal, bukan rahasia lagi, acara tindik menindik itu bisa berakibat buruk bagi kesehatan. Seperti kasus resesi (penyusutan) jaringan gusi sekitar bibir, yang menimpa wanita berusia 26 tahun di AS, karena tertarik melakukan tindik di sekitar mulut untuk menambah 'keren' penampilan.

'Dia mengalami penyusutan jaringan gusi', ujar Dr. Michael McGuier, Presiden American Academy of Periodontology. Itu baru dampak awal. Bila dibiarkan, 'Hal itu bisa menyebabkan resistensi akar gigi, hingga gusi dan akar gigi cepat membusuk dan hancur'.

Bisa dipastikan, orang itu akan lebih mudah mengalami penyakit peiodontal. Itu adalah akibat bagi mereka yang coba-coba melakukan tindik di sekitar mulut. Lantas bagaimana resiko menindik di bagian tubuh lain, selain telinga?Menurut para ahli, mereka terancam mengalami cedera saraf, reaksi sensitivitas atau alergi yang timbul akibat logam yang digunakan, hingga obstruksi saluran pernapasan. Yang ditakutkan adalah terjadinya bacteriemia. Memang, risikonya tergantung pada daya tahan tubuh masing-masing dan sterilitas alat yang digunakan.

bila kita udah mengetahui dampak tindik tersebut, maka kita jangan ikut-ikutan mengikuti tren tindik menindik itu. Tapi bagi yang sudah terlanjur melakukannya, Michalowitz memberikan tips ringan seperti berikut:

  • Lepas anting-anting saat makan (bila dipasang di mulut/lidah) atau selama tidur
  • Lepas dan jangan dikenakan lagi jika ada tanda-tanda inflamasi seperti bengkak, atau nyeri

Baca Juga :

Bahaya Tindik pada Lidah
4/ 5
Oleh