Tuesday, May 13, 2008

Osteopororis.....

Osteopororis adalah penyakit keropos tulang, yaitu suatu penyakit dimana tulang menjadi rapuh dan menjadi mudah retak dan patah akibat masa tulang yang rendah. Keropos tulang biasanya tidak menimbulkan gejala dan proses pengurangan masa tulang berlangsung tanpa disadari.

Mengapa disebut osteoporosis? bisa jadi bentuk tulang penderitanya berpori-pori atau berlubang. Osteo artinya tulang, sedangkan Porosis artinya berpori atau berlubang, sebagai akibat kurangnya kalsium yang terdapat pada tulang. Karena penyakit ini sifatnya kalem dan tenang, tidak terdeteksi, sehingga penyakit ini hampir tidak tahu kapan datangnya dan dapat menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Keropos tulang dapat diketahui jika terjadi patah tulang karena jatuh, tarikan yang kuat, serta timbulnya rasa sakit yang hebat karena retak atau patah tulang. Tulang yang paling sering mengalami patah adalah pergelangan tangan, tulang belakang dan tulang pinggul.

Kendati osteoporosis adalah penyakit degeneratif dan normalnya baru muncul setelah berusia di atas 45 tahun, tetapi penyakit ini bisa menyerang kaum muda yang gaya hidupnya cenderung tak sehat, seperti kebiasaan merokok, malas berolah raga, minum kopi dalam dosis yang berlebihan yang menyebabkan kurangnya penyerapan kalsium ke dalam tulang.

Orang selama ini hanya tahu bahwa untuk mencegah keropos tulang cukup dengan kalsium. Padahal, kalsium hanya menguatkan tulang bagian luar saja. Sedangkan bagian penting adalah bagian dalam tulang yang akan menentukan kekuatan tulang bagian luar yang dibentuk oleh zat yang bernama Hydroxyapatite.

HYDROXYAPATITE

Hydroxyapatite adalah zat yang komponennya sama dengan komponen tulang dan lapisan keras mamalia. Hydroxyapatite, adalah makanan untuk tulang, yang berasal dari tulang binatang. Secara logika, memang makanan yang tepat untuk tulang adalah tulang. Dan salah satu makanan yang banyak mengandung hydroxyapatite adalah kaki ayam atau orang sering menyebutnya ceker ayam.

Baca Juga :

Osteopororis.....
4/ 5
Oleh