Saturday, July 21, 2012

Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki

Kesemutan atau orang jawab bilang gringgingen merupakan hal yang hampir semua orang mengalami kesemutan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa pun mengalami kesemutan. Atau saat sedang asyik membaca, tak sengaja Anda melipatkan kaki dalam waktu yang lama atau menindihi tangan dengan buku yang lumayan berat dan ketika bangkit, tiba-tiba Anda merasa kaki Anda kesemutan atau tangan Anda. Refleks, Anda akan memijat-mijat kaki tersebut untuk mengurangi kesemutan itu.

Kalau hal tersebut terjadi, berapa sering Anda mengalami kesemutan ? hampir semua orang pernah mengalami apa yang disebut kesemutan atau kebas. Kalau sudah kesemutan, biasanya akan terasa kebal, ngilu, walau akan berangsur-angsur hilang jika kita mulai menggerak-gerakkan bagian tubuh yang kesemutan tersebut.

Banyak diantara kita yang menganggap sepele gejala kesemutan ini. Mungkin karena gejalanya yang kadang datang, lebih banyak tidak. Mudah datang, mudah pula hilang.

Tetapi perlu Anda ketahui bahwa kesemutan patut diwaspadai jika kesemutan itu terjadi di satu bagian tubuh. Kemudian menjalar ke bagian tubuh lain di sekitarnya, dan kemudian memperburuk fungsi-fungsi tubuh lainnya, bisa jadi itu adalah manifestasi tumor di bagian depan otak. Sebuah penyakit amat serius dengan gejala awal sepele.

Dalam bahasa medis, kesemutan sering disebut sebagai parestesia. Suatu sensasi yang dirasakan tanpa ada stimulus dari luar. Sensasi Parestesi ini tidak hanya rasa ‘kesemutan’, namun bisa juga rasa panas, rasa seperti tertusuk-tusuk, ‘greyengan’. Rasa Kesemutan dapat dirasakan di tangan, kaki di muka, maupun di seluruh bagian tubuh kita.

Pada dasarnya kesemutan merupakan suatu gejala manifestasi dari gangguan sistem saraf sensorik akibat rangsang listrik di sistem itu tidak tersalur secara penuh dengan sebab macam-macam. Yang paling sederhana, misalnya, jalan darah tertutup akibat satu bagian tubuh tertentu ditekuk terlalu lama.

Kesemutan yang tidak disertai gejala-gejala lain biasanya menandakan adanya gangguan pada reseptor di kulit atau pada cabang-cabang saraf tepi. Namun kita mesti lebih waspada jika ada gejala lain di luar kesemutan. Bukan hanya kelumpuhan, kesemutan bisa juga disertai gangguan penglihatan, pendengaran, gabungan keduanya, atau lainnya.

Beberapa gangguan kesehatan serius yang ditandai gejala kesemutan, antara lain:

Radang sumsum tulang belakang (myelitis)

Terjadi pada orang dewasa, kadang-kadang gejala kesemutan didahului oleh flu berat. Kesemutan yang dirasakan akan menghebat, naik dari ujung jari kaki sampai ke pusar (perut tengah). Gejalanya berkembang menjadi rasa tebal di permukaan kulit. Setelah fase ini, penderita akan mengalami kesulitan berjalan. Ini adalah gejala radang sumsum tulang belakang, yang terjadi karena serangan virus bernama cytomegalovirus (CMV).

Penderita menjadi tidak bisa mengontrol buang air kecil. Buang air besar pun sulit. Penyakit ini dapat disembuhkan total, dapat pula cuma sembuh sebagian, tetapi ada juga yang sampai lumpuh.

Diabetes mellitus atau kencing manis

Pada penderita diabetes, kesemutan adalah gejala kerusakan pembuluh-pembuluh darah. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung syaraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari. Baca : Cara Mengobati kencing manis secara alami

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Kesemutan yang menyerang ujung jari, biasanya tangan kanan, dan kemudian berkembang menjadi rasa tebal, saat digunakan beraktivitas, adalah gejala CTS. Gejala kesemutan ini berkaitan dengan rongga di pergelangan tangan (karpal) yang mengalami pembesaran otot-otot sehingga menekan saraf yang melewati terowongan tersebut. CTS bisa menjadi gangguan lebih serius bila didiamkan cukup lama, misalnya 1 - 2 tahun.

Pada tahap ini tekanan otot sudah mengganggu aliran darah ke tangan, dengan akibat otot-otot yang mengalami kekurangan nutrisi akan mengecil, dan melemahkan otot.

Jantung

Pada penderita sakit jantung, kesemutan dapat juga timbul karena komplikasi jantung dan sarafnya. Yang terjadi misalnya, si penderita menjalani operasi pemasangan klep jantung. Saat pemasangan, ada bekuan darah menempel, yang kemudian terbawa aliran darah ke atas, dan menyumbat salah satu pembuluh darah di otak. Bila sumbatan di otak itu kebetulan mengenai daerah yang mengatur sistem sensorik, si penderita akan merasakan kesemutan sebelah. Bila daerah yang mengatur sistem motorik juga terkena, kesemutan akan menjadi kelumpuhan.

Rematik

Rematik juga menimbulkan kesemutan atau rasa tebal. Gejala kesemutan karena rematik akan hilang bila rematik sembuh.

Pengobatan :

Pengobatan yang diberikan sesuai penyakit yang mendasarinya.
Sebagai contoh : bila kesemutan terjadi pada penderita diabetes (Neuropati diabetik), maka pengobatan dilakukan dengan pengontrolan gula darah disertai obat-obatan yang bersifat neurotropik dan juga vitamin B.

Namun bila kesemutan disebabkan oleh penekan saraf maka pengobatan harus dilakukan dengan modifikasi gerakan tubuh, pemberian neurotropik, dan mungkin pada kasus yang berat dipertimbangkan uuntuk operasi.

Perlu diingat, bila kesemutan akibat penyakit stroke maka pengobatan harus segera dilakukan, misal pada stroke akibat sumbatan maka pasien harus diberikan obat pengencer darah maupun pengaturan faktor risiko strokenya seperti hipertensi dan kholesterol.

Pengobatan Dengan Herbal


cara mengobati kesemutan tangan dan kaki obat herbal
Dengan mengkonsumsi/menggunakan obat dan ramuan alami herbal yang tanpa efek samping seperti halnya obat kimia, Insya Alloh Kesemutan yang anda alami akan segera sembuh.

Isi 60 kapsul @ 500mg

Harga : Rp. 65.000 Rp 55.000, – ( Belum termasuk ongkos kirim)

Herba Daun Dewa adalah herbal tunggal dari tumbuhan daun dewa dengan nama latin Gynura Sagetum.

Efek Farmakologi Herbal:

Anti radang (antiinflamasi), meredakan panas (antipiretik), meredakan nyeri (analgesic), pembersih darah, penyejuk darah, melancarkan darah, menghilangkan bekuan darah (antikoagulan).

Insya allah berkhasiat:

  • Membantu mengobati TB paru. tumor, ganglion, kista, kanker, lever, darah tinggi, stroke, kencing manis, radang pankreas, rematik.
  • Membantu mengobati pendarahan sehabis melahirkan.
  • Menghentikan pendarahan pendarahan seperti: mimisan, batuk darah,muntah darah, berak darah.

Komposisi:

  • Gynura Sagetum.

Aturan minum:

  • Pengobatan : 3 X sehari 3 – 5 kapsul, sampai sembuh untuk hasil optimal minum s/d kurang lebih 6 botol.
  • Pencegahan / pemeliharaan : 2 X sehari 2 kapsul.

Pemesanan

Sms ketik :
Pesan - Daun Dewa - Jumlah Pesan - Nama - Alamat Lengkap. ke 08562509013

Contoh :
Pesan Daun Dewa 2 Joko Haryanto Jl.Seruni no.2 Pondok Pinang Kalimantan Timur 98882

Jangan lupa kode pos alamat rumah Anda, Kami akan segera konfirmasi jumlah biaya dan rekening yang harus Anda transfer.

Harga : Rp. 65.000 Rp 55.000, – ( Belum termasuk ongkos kirim)

PERINGATAN!!

Tidak diajurkan untuk wanita hamil.

Baca Juga :

Mengatasi Kesemutan di Tangan dan Kaki
4/ 5
Oleh