Wednesday, November 23, 2011

Penyebab Munculnya Jerawat

Cara mengatasi jerawat penyebab munculnya jerawat cara merawat kulit wajahMasa Remaja memang masa puber yang identik dengan munculnya jerawat. Selain mengganggu penampilan, jerawat yang muncul memang membuat sebagian remaja tidak percaya diri. Tidak hanya remaja saja, jerawat juga bisa menyerang orang dewasa.

Pada postingan saya dahulu telah kita ketahui Cara Mengobati Jerawat. Namun walaupun jerawat dapat diobati, alangkah baiknya anda senantiasa menjaga kebersihan wajah agar tidak timbul jerawat.

Konsumsilah Buah Tomat karena buah tomat bisa mencegah jerawat. Konsumsi juga Buah-buah yang Bikin Kulit Bercahaya. Dan buat kamu yang jerawatan, kenali juga Penyebab Munculnya Jerawat agar kamu tau Bagaimana Cara Merawat Wajah Yang Benar.

Berikut ini adalah beberapa Penyebab Munculnya Jerawat.

1. Kelenjar minyak yang terlalu aktif

Kelenjar yang dikenal sebagai sebaceous ini terletak jauh di dalam kulit tapi terhubung ke sebuah kanal yang disebut folikel yang berisi rambut. Jika kelenjar keringat terlalu aktif maka minyak yang diproduksi juga berlebih sehingga menutupi pori-pori dan memicu jerawat.

2. Stres

Salah satu efek fisiologis dari stres adalah perubahan hormon yang secara teoritis bisa menyebabkan jerawat. Serta stres yang dialami bisa memperparah luka akibat jerawat.

3. Infeksi bakteri

Bakteri Propionibacterium acnes adalah penghuni normal kulit yang menggunakan sebum sebagai nutrisi. Orang yang berjerawat diketahui memiliki jumlah bakteri yang lebih banyak, dan membentuk asam lemak bebas yang meningkatkan proses peradangan di folikel.

4. Genetik

Susunan genetik seseorang mempengaruhi tingkat produksi minyak di kulit, sehingga turut berperan dalam memicu jerawat.

5. Tersumbatnya pori-pori kulit

Jerawat terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat sehingga sebum tidak bisa keluar dari kulit. Penyumbat yang paling sering adalah akibat komedo, baik yang hitam atau pun putih.

6. Peradangan

Kulit yang merah, bengkak dan tidaknyaman adalah karakteristik dari peradangan. Pada jerawat peradangan bisa disebabkan oleh bakteri atau zat-zat beracun yang dihasilkan.

7. Efek hormonal

Jerawat hormonal tidak hanya dialami olah remaja tapi juga pada orang dewasa. Jerawat ini dipicu oleh produksi hormon androgen yang menstimulasi kelenjar sebaceous.

8. Anatomi folikel rambut

Bentuk anatomi folikel rambut tertentu bisa membuat kulit rentan jerawat karena membuat sebum dan sel-sel kulit mati terjebak di dalamnya. Akumulasi ini akan menyumbat permukaan pori-pori yang memicu benjolan kecil dan jeraw

Baca Juga :

Penyebab Munculnya Jerawat
4/ 5
Oleh