Thursday, October 27, 2011

Tips Mengontrol Diabetes

Tips Mengontrol Diabetes cara mengatasi diabetesBerikut adalah info tentang, Tips Mengontrol Diabetes. Penyakit Diabetes memang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi sebagian orang. Penyakit ini bisa mengakibatkan komplikasi yang parah bahkan bisa berujung pada kematian. Makanya bagi anda yang punya penyakit diabetes wajib mengontrol kadar gula yang ada pada tubuh agar tetap stabil. Berikut akan saya berikan Tips Mengontrol Diabetes special untuk anda.

Jakarta, Diabetes merupakan penyakit yang tidak bisa disembuhkan namun dapat dikontrol untuk menghindari komplikasinya. Ketahui langkah-langkah apa yang perlu dilakukan dalam mengontrol diabetes.

Diabetes adalah penyakit yang 'kaya' akan komplikasi karena ia bisa mempengaruhi semua bagian tubuh sehingga perlu penanganan yang serius agar bisa terkontrol dengan baik.

Diabetes yang terkontrol akan menurunkan risiko terkena penyakit jantung, katarak, kebutaan, kerusakan saraf, disfungsi ereksi, gagal ginjal serta berbagai infeksi lainnya.

Agar diabetes yang dimiliki bisa terkontrol dengan baik, ikuti beberapa langkah berikut :

1. Mendapatkan informasi seputar diabetes dengan benar
Mempelajari segala sesuatu yang berhubungan dengan penyakit yang dimiliki akan membantunya mengelola kondisi tersebut menjadi lebih baik serta mengurangi risiko adanya masalah lain. Salah satu informasi yang sebaiknya didapat adalah faktor risiko terhadap terjadinya komplikasi.

2. Melakukan perawatan untuk diabetes
Jika sudah didiagnosis diabetes, maka carilah dokter yang tepat untuk mendapatkan pengobatan dan perawatan yang benar seperti mengontrol secara teratur, serta jangan ragu untuk meminta dokter menjelaskan segala hal mengenai penyakit ini.

3. Mengontrol kadar gula darah
Salah satu faktor penyebab timbulnya komplikasi adalah kadar gula darah yang tidak terkontrol, baik terlalu tinggi (hiperglikemia) atau rendah (hipoglikemia). Tak ada salahnya untuk memiliki alat pengukur kadar gula darah yang bisa digunakan di rumah.

4. Mengontrol penyakit diabetes
Diabetes tipe 2 merupakan penyakit yang dipengaruhi oleh gaya hidup, untuk itu lakukan pola makan yang tepat dengan menghindari makanan tertentu yang bisa memperburuk diabetes, melakukan olahraga teratur, merawat tubuh dengan baik, menghindari rokok serta mengurangi alkohol.

5. Mengontrol tekanan darah dan kadar kolesterol
Diabetes dan penyakit jantung saling berhubungan, karenanya penting mengelola tekanan darah dan kadar kolesterol secara efektif. Kolesterol yang berlebih bisa menumpuk di sepanjang dinding arteri dan mengakibatkan kegagalan atau serangan jantung bahkan stroke.

Baca Juga :

Tips Mengontrol Diabetes
4/ 5
Oleh