Sunday, November 14, 2010

Tips Menjaga Kesehatan Mata

Mata adalah salah satu indra Manusia terpenting yang harus kita jaga. Dan mata juga sangat mudah terkena penyakit mata. Maka dari itu Mata membutuhkan perlindungan dari efek yang merugikan dari lingkungan. Maka dari itu perlu menjaga kesehatan mata kita. Efek kerusakan muncul bila terlalu sering terpapar oleh sinar matahari, angin, debu, dan faktor lainnya. Dalam menjaga kesehatan mata ada 8 langkah penting untuk memastikan perlindungan yang baik untuk mata Anda.

Tips menjaga kesehatan mata sebagai berikut :

1. Selalulah perikasa mata anda secara berkala. Ini bagus untuk mencegah dan mengobati masalah mata yang sudah ada. Jika Anda menggunakan kontak lens pastikan agar benar- benar bersih.

2. Makan diet seimbang buah-buahan dan sayuran segar. Makanlah makanan yang kaya nutrisi vitamin A, E dan C. Makanlah banyak wortel yang kaya beta karoten dan termasuk ikan yang tinggi omega 3. Coba secangkir brokoli karena ini juga baik untuk mata.

3. Merawat kesehatan Anda dan sistem kekebalan tubuh. Hindari terlalu banyak merokok dan minum alkohol yang berlebihan karena hal ini dapat membuat mata Anda terlihat lelah. Merokok mempunyai efek buruk pada peredaran darah di sekitar daerah mata. Jika Anda memiliki diabetes, secara teratur cek-up karena jika diabaikan ini dapat mempengaruhi mata. Cobalah untuk juga menjaga tekanan darah dan kolesterol pada tingkat normal.

4. Lindungi mata dengan kacamata hitam atau sekurang-kurangnya 95% terlindung dari UV . Memilih jenis kacamata dengan frame yang bagus untuk memastikan perlindungan penuh. Memakai topi, topi dan menggunakan payung untuk agar mata lebih teduh dan terlindungi dari panas . Gunakan kacamata pelindung ketika dalam berolahraga berat dan ketika bekerja dengan alat dan mesin berat.

5. Pastikan untuk selalu memiliki tangan yang bersih sebelum menyentuh mata Anda. Infeksi pada mata dapat dimulai dengan tangan yang tidak bersih. Juga, cobalah menghindari terlalu banyak menggosok mata. Gunakan saputangan yang bersih dan katun untuk membersihkan mata.
6. Ingatlah ketika membaca harus memiliki pencahayaan yang baik. Dalam menonton TV, menggunakan layar anti-silau. Melakukan hal yang sama ketika menggunakan komputer. Dalam menggunakan computer dapat menyertakan screen pelindung. Luangkan waktu sebentar untuk relaksasi dari pandangan computer.

7. Melakukan senam mata sederhana seperti mata berkedip untuk meringankan stres. Berkedip membantu melumasi mata. Cobalah untuk menutup mata Anda selama sekitar 5 menit untuk menjadi rileks dan mengurangi ketegangan mata. Punya waktu untuk istirahat mata sebanyak mungkin akan sangat baik. Melihat sesuatu hijau sangat baik untuk mata.

8. Setelah terasa istirahat sudah cukup, mencuci mata dengan air dingin untuk mengurangi ketegangan mata. Gunakan tetes mata jika di perlukan tetapi harus sesuai dengan petunjuk dokter.Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa mata Anda pantas mendapat perhatian khusus sehingga Anda dapat benar-benar melihat kehidupan dan menghargai segala sesuatu yang ditawarkan. Semoga tips menjaga kesehatan mata ini bermanfaat.

Sengan melaksanakan beberapa tips tersebut semoga terlindung dari penyakit mata dan mata selalu sehat.

Baca Juga :

Tips Menjaga Kesehatan Mata
4/ 5
Oleh