Monday, November 1, 2010

Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan

Buah stroberi merupakan buah yang sangat populer di dunia. Sejak dahulu kala stroberi tumbuh di negara Amerika, Asia dan Eropa. Petani memberi nama dari aromanya yang lembut, baunya yaitu Fragaria vesca (dalam bahasa Latin). Pada saat ini ada banyak sekali varietas dari stroberi di dunia. Banyak manfaat buah stroberi yang terkenal di dunia yaitu:

Cocok Untuk Diet

Stroberi adalah buah kaya dengan air dan energi yang rendah (hanya 35 kkal dalam 100g), sedangkan konten seratnya sangat tinggi untuk sebuah stroberi yang kecil dan cantik ini. Dengan kandungan mineral yang moderat, tetapi bervariasi dan seimbang.

Didalm sebuah stroberi vitamin C yang terkandung diantaranya yaitu:

Vitamin C (60 mg per 100g);
Kalium (152 mg per 100g);
Fosfor (23 mg per 100g);
Kalsium (20 mg per 100g);
Magnesium (12 mg per 100g);
Besi (0,40 mg per 100g).

Manfaat bagi kesehatan lainnya yaitu:

Stroberi adalah buah yang ringan serta mudah dicerna.

Dengan mengandung sedikit energi, dapat dimakan oleh siapa saja secara rutin dan memungkinkan mengisi tubuh dengan vitamin C secara terus menerus. Dan hal ini juga akan memberikan kontribusi yang cukup baik terhadap keseimbangan mineral dalam tubuh.
Memilih stroberi

Ketika anda membeli stroberi, anda harus memastikan kulit stroberi harus berwarna cerah dan seragar dan Kerah daun dan juga batang harus masih hijau dan terlihat segar. Cukup biarkan hidung kita bebas untuk memilih stroberi dari aroma baunya, cari yang segar dan beraroma enak dan kuat.

Biasanya stroberi organik memiliki aroma kuat dan warna yang lebih gelap daripada yang lain, sedang yang non organik biasanya memiliki warna lebih cerah. Tetapi hal diatas tidak akan selalu begitu, jadi yang paling mudah adalah melihat dari label dan merek atau membeli sendiri di kebun petani.

Menyimpan stroberi

Stroberi merupan buah yang bisa dikatakan rapuh dan tidak tahan lama. Pada suhu ruangan stroberi hanya dapat bertahan 2-4 hari. Idealnya, stroberi disimpan dalam kulkas pendingin. Dengan suhu yang cukup dingin akan dimungkinkan untuk menjaga stroberi lebih lama 2 atau 3 hari (maksimal).

Dan sebaiknya membeli stroberi selalu yang masih dalam keadaan segar, atau memetiknya sendiri di kebun petani, atau secara rutin minta dikirim dari petani. Jika membeli dari supermarket maka tanyakan pada pegawai supermarket mengenai hari apa saja stroberi terbatu datang diantar.


Stroberi dicuci di bawah air keran dengan wadah yang dapat mengalirkan air dibawahnya. Berhati-hatilah untuk tidak merendamnya dalam air, atau terendam dan jangan sampai terjadi wadah menjadi becek setelah dicuci. Hal ini untuk menjaga rasa dan vitamin.

Baca Juga :

Manfaat Stroberi Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh